PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ZARA (Survei pada Pelanggan Zara Mall Kota Kasablanka)

Ayu - Larasati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan terhadap pelanggan Zara di Kota Kasablanka Mall. Penelitian ini didasarkan pada teori Komunikasi Pemasaran, yang menggambarkan aktivitas pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi pada orang-orang untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanatif dengan metode survei. Populasinya adalah Costumers Zara di Mal Kota Kasablanka. Responden dalam penelitian ini sekitar 99 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada periode 1 April 2015 hingga 30 April 2015. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ada pengaruh antara kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan nilai korelasi SPSS 19 yang diperoleh sebesar 0,827 berarti hubungan antara kedua variabel tersebut berada dalam kategori hubungan yang kuat. Persamaan regresi linier diperoleh dengan regresi (b) sekitar 0,600 (positif) dan konstanta (a) sekitar 12,928. Artinya, jika kepribadian merek terjadi dalam hubungan, maka akan menyebabkan loyalitas pelanggan meningkat sekitar 0,600. Maka a = 12,928 adalah jika kepribadian merek tidak terjadi dalam hubungan (nilai X = 0) maka kepuasan kerja sekitar 12,928. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan terhadap konsumen Zara di Mal Kota Kasablanka. Ditandai dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sekitar 0,685, berarti 68,5% kepribadian merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci: Merek, Kepribadian Merek, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

word

References


Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relations Praktis. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Durianto, Darmadi dkk. 2004. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Gaffar F, Vanessa. 2007. Costumer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung : Alfabeta

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. Yogyakarta : Caps

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Jenu Wijaya, Tandjung, 2004. Marketing Management ; Pendekatan Pada Nilai – Nilai Pelanggan. Malang : Bayumedia

Kennedy, John E & R Dermawan Soemanagara. 2009. Marketing Communication ; Taktik dan Strategi. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Morissan, M. A. 2010. Periklanan ; Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Jakarta : Mediakom.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen ; Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media Grup

Shimp, Terence A. 2007. Intergrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. New York : McGrawHill

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management and Strategy. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy, Yanto Chandra, Anastasia Diana. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi

Tri Hendradi, C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik menggunakan SPSS 19. Yogyakarta: Andi Offset

Wiryanto. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasindo

Sumber Lain :

Company Profile ZARA Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.