PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ZARA (Survei pada Pelanggan Zara Mall Kota Kasablanka)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan terhadap pelanggan Zara di Kota Kasablanka Mall. Penelitian ini didasarkan pada teori Komunikasi Pemasaran, yang menggambarkan aktivitas pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi pada orang-orang untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanatif dengan metode survei. Populasinya adalah Costumers Zara di Mal Kota Kasablanka. Responden dalam penelitian ini sekitar 99 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada periode 1 April 2015 hingga 30 April 2015. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ada pengaruh antara kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan nilai korelasi SPSS 19 yang diperoleh sebesar 0,827 berarti hubungan antara kedua variabel tersebut berada dalam kategori hubungan yang kuat. Persamaan regresi linier diperoleh dengan regresi (b) sekitar 0,600 (positif) dan konstanta (a) sekitar 12,928. Artinya, jika kepribadian merek terjadi dalam hubungan, maka akan menyebabkan loyalitas pelanggan meningkat sekitar 0,600. Maka a = 12,928 adalah jika kepribadian merek tidak terjadi dalam hubungan (nilai X = 0) maka kepuasan kerja sekitar 12,928. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kepribadian merek terhadap loyalitas pelanggan terhadap konsumen Zara di Mal Kota Kasablanka. Ditandai dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sekitar 0,685, berarti 68,5% kepribadian merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Merek, Kepribadian Merek, dan Loyalitas Pelanggan
Full Text:
wordReferences
Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relations Praktis. Bandung : Pustaka Bani Quraisy
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Durianto, Darmadi dkk. 2004. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Gaffar F, Vanessa. 2007. Costumer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung : Alfabeta
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. Yogyakarta : Caps
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Jenu Wijaya, Tandjung, 2004. Marketing Management ; Pendekatan Pada Nilai – Nilai Pelanggan. Malang : Bayumedia
Kennedy, John E & R Dermawan Soemanagara. 2009. Marketing Communication ; Taktik dan Strategi. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Morissan, M. A. 2010. Periklanan ; Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Jakarta : Mediakom.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen ; Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media Grup
Shimp, Terence A. 2007. Intergrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. New York : McGrawHill
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management and Strategy. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy, Yanto Chandra, Anastasia Diana. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta : Andi
Tri Hendradi, C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik menggunakan SPSS 19. Yogyakarta: Andi Offset
Wiryanto. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasindo
Sumber Lain :
Company Profile ZARA Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.