Penyajian Program Acara KDI Terhadap Persepsi Khayalak
Abstract
Abstrak
Dari banyaknya program-program acara yang menghiasi layar kaca televisi. KDI adalah suatu ajang pencarian bakat bernyanyi dangdut. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori penyajian program dan persepsi khalayak, yang mengansumsikan bahwa penyajian yang disajikan program acara KDI memberikan informasi kepada khalayak. Sehingga khalayak dapat mempersepsikan pesan dari program acara KDI. Metodelogi yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif. Sumber data utama berasal dari hasil observasi dengan menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan kepada objek penelitian yaitu penonton program acara KDI di studio. Hasil penelitian didapat bahwa tayangan program KDI di MNCTV memiliki hubungan yang kuat terhadap persepsi khalayak. Hasil tersebut berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,533 dan bersifat positif. Kemudian hasil analisi regresi didapat nilai R square sebesar 0,284 yang berarti 28,4% persepsi khalayak yang berhubungan dengan penyajian program acara KDI dan hasil uji hipotesis berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh koefisien arah regresi b= 1,004 dan konstanta a=16,325 atau Y=16,325+1,004X. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penyajian program acara KDI terhadap persepsi khalayak.
Kata Kunci: KDI, Persepsi, Tekevisi
Abstract
Of the many programs that adorn the television screen. KDI is a talent search event dangdut singing. In this study, the authors use the theory of program presentation and audience perception, which assumes that the presentation presented KDI event program provides information to the audience. So the audience can perceive messages from the KDI event program. The methodology used is an explanative quantitative approach. The main data source comes from the results of observation by using questionnaires or questionnaires distributed to the object of research is the audience of KDI event programs in the studio. The results showed that KDI program impressions on MNCTV had a strong relationship to audience perception. The result is based on the correlation coefficient value (r) of 0.533 and is positive. Then result of regression analysis got value of R square equal to 0,284 which mean 28,4% perception of audience related to presentation of program of event of KDI and result of hypothesis test based on simple regression test obtained regression coefficient b = 1.004 and constant a = 16,325 or Y = 16,325 + 1.004X. Therefore it can be concluded that there is a positive relationship between the presentation of KDI event program to the public perception.
Key Words: KDI, Perception, Television.
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro.(2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung:
Simbosa Rekatama Media.
Andi, Sony set (2008). Menjadi Perancang Program Televisi Profesional. Yogyakarta:
Bungin, Burhan (2008). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media
.................. (2005). Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi Ekonomi Dan Komunikasi Publik Serta Ilmu-Ilmu Soaial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media
Cangara, Hafied (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindoo Persada.
Effendy, Onong Uchjana (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fachruddin, Andi (2011). Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Grup.
Kriyantono, Rachmat (2006). Teknik Praktik Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Grop.
McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Penerbit Salemba
Mulyana, Deddy (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morissan (2005). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Tanggerang: PT Ramadina Prakarsa.
.............. (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta:
PT Kencana Prenada Media Grup.
Priyatno, Dwi (2008). Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data & Uji Statistik. Yogyakarta: Media Kom
Purwanto (2007). Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.
Ruslan,Rosady (2006). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Sendjaja, Sasadjjuarsa (2007). Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Peerbitan Universitas Terbuka
Shaleh, Abdul Rahman (2009). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Stenberg, J Robert (2008). Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang (2012). Analisis Validitas dan Asumsi Klasik. Yogyakarta: Gaya Media.
Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT Buku Kita.
Tamburaka, Apriadi (2013). Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Wiriyanto (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
Sumber lain
www.mnctv.com
www.kontes_dangdut_indonesia.com
Refbacks
- There are currently no refbacks.