Marketing politik jelang Pemilu 2024 "Desak Anies", "Prabowo Gemoy", dan "Ganjar Nginap di Rumah Warga".
Abstract
Marketing Politik merupakan seperangkat metode yang dapat memfasilitasi kontestan (individu atau partai politik) dalam memasarkan inisiatif politik, gagasan politik, visi misi politik, isu politik, ideologi politik, karakteristik pemimpin partai, program kerja partai atau kontestan kepada masyarakat atau konstituen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh kandidat capres dan cawapres pasangan Anies Rasyid BaswedanMuhaimin Iskandar; Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka; Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam usaha memenangkan Pemilihan Umum tahun 2024 untuk Presiden dan Wakil Presiden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer hasil penelitian tersebut mewawancarai informan dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di lapangan. Sedangkan data sekunder berupa laporan dan dokumen resmi dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa semua kandidat menerapkan strategi pemasaran politik dengan konsep masing-masing. Pemasaran politik diplomatis progresif dengan taqline setiap paslon capres dan cawapres Anies BaswedanMuhaimin mengusung taqline "Desak Anies", Prabowo-Gibran "Prabowo Gemoy", dan GanjarMahfud dengan"Ganjar Nginap di Rumah Warga" masing-masing memfokuskan kunjungan langsung ke konstituen dan berdialog menggali aspirasi serta kunjungan ke desa-desa, rumahrumah penduduk dan pemasaran politik dengan cara adu visi dan misi pada debat calon presiden dan wakil presiden yang diadakan lima kali berturut turut. Berpartisipasi dalam asosiasi atau organisasi baik formal maupun informal selain itu pemasaran politik dilakukan melalui jalur partai politik, tokoh politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kelompok organisasi pemuda, organisasi paguyuban, majelis taklim yang ikut menjadi relawan atau tim kampanye.
Full Text:
893-904DOI: http://dx.doi.org/10.56985/jc.v5i2.492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Robert Mubarrod
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Online ISSN (e-ISSN) : 2686-0589
Jurnal Communitarian has been Indexed By :
Copyright © Universitas Bung Karno Jurnal Communitarian - Prodi Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.