Dukungan Konglomerasi Media Pada Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024: Studi Kasus Pencalonan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem
Abstract
Penelitian ini fokus pada bagaimana konglomerasi media memberikan dukungan terhadap para kandidat presiden dan wakil presiden. Dukungan diberikan pada tahap pra pencalonan, pencalonan, kampanye dan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Para konglomerasi media bukan saja menguasai pasar ekonomi melainkan lebih jauh lagi, mereka menguasai pasar politik yang didalamnya mereka terlibat dalam praktek pendukungan terhadap calon presiden. Kepentingan bisnis akan selalu ada tatkala keterlibatan konglomerasi media dalam politik. Hal ini tidak terlepas dari relasi kuasa antara penguasa dan pengusaha atau relasi antara politik dan ekonomi. Para konglomerasi media akan menggunakan semua instrumen pemberitaan di media yang mereka miliki dengan memihak salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mereka dukung. Semua pemberitaan media dimaksudkan agar pemilih memberikan kesan/citra positif dan penerimaan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden. Namun tetap ada dampak dan konsekuensi yang terjadi tatkala calon presiden didukung oleh konglomerasi media.
Full Text:
840-850DOI: http://dx.doi.org/10.56985/jc.v5i2.488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Novance Ksatrio Silitonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Online ISSN (e-ISSN) : 2686-0589
Jurnal Communitarian has been Indexed By :
Copyright © Universitas Bung Karno Jurnal Communitarian - Prodi Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.