FENOMENA BUDAYA KOREA POP PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
Masuknya budaya baru Korea pop di Indonesia diterima secara terbuka oleh kaum remaja Indonesia, bahkan Budaya K-pop sangat digemari oleh mahasiswa USNI. Budaya Korea pop pun memiliki pengaruh yang besar dalam terjadinya degredasi atau penurunan jati diri generasi muda Indonesia. Fenomena Korea pop yang tejadi di Indonesia khususnya di Universitas Satya Negara Indonesia Korea pop mampu mempengaruhi cara berpikir mahasiswa USNI. Penelitian ini membahas tentang fenomena budaya Korea pop yang masuk ke Indonesia khusus pada mahasiswa USNI karena maraknya budaya populer saat ini yang membuat mahasiswa USNI menjadi lebih menggemari sisi budaya tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi oleh Edmund Hussel, merupakan metode untuk menjelaskan fenomena dalam kemurniannya. Fenomena adalah segala sesuatu yang dengan suatu cara tertentu tampil dalam kesadaran manusia, baik berupa sesuatu sebagai hasil rekaan maupun berupa sesuatu yang nyata, yang berupa gagasan maupun berupa kenyataan yang diciptakan oleh penggunaan bahasa dengan mengkonstruksi pengalaman-pengalaman mahasiswa USNI terhadap budaya Korea pop. Hasil dari penelitian ini dengan adanya fenomena budaya Korea membuat mahasiswa USNI mengenal budaya baru yaitu budaya populer dan membuat mahasiswa USNI menggemari budaya tersebut hingga membuat perubahan-perubahan dalam gaya hidup.
Kata kunci : budaya populer, budaya Korea pop, mahasiswa USNI
Full Text:
wordReferences
Adian, Dhonny Gahral. 2010. Pengantar Fenomenologi. Koekoesan.
Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.
Burton,Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer : Yogyakarta: Jalasutra
Dr. Elvinaro Ardianto, M. Si. 2014. Metodelogi Penelitian. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Herminanto, Wirnarno. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta. Bumi Aksara
Hariyanto , Suryono 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar . Bandung
Russel, Mark James. 2014. K-pop Now: The Korean Music Revolution. Bandung: Alfabeta.
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Little John, Stephen W. 2013. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Marcel Danesi. 2012. Popular Culture. Yogyakarta: Jalasutra
Moloeng, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisirevisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oh & Park, In-gyu. 2013. “The Globalization of K-pop: Korea’s Place in the Global Music Industry,” Korea Observe
Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.
Russel, Mark James. 2014. K-pop Now: The Korean Music Revolution. Bandung: Alfabeta.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sumber Lain :
http://www.academia.edu/9070098/PengaruhBudayaK-Pop.Dilihat pada 12 Maret 2018. Pukul 14.05
http://www.eprints.ums.ac.id/25991/8/FenomenaHallyu.pdf. Dilihat pada 15 Maret. Pukul 18.30
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/671/jbptunikompp-gdl-aldeantega-33503-8-unikom_a-v.pdf. Dilihat pada 15 Maret 20.00
http://www.kamusbesar.com/10894/fenomena. Dilihat pada 4 April 2018. Pukul 19.26
http://www.artikata.com/artu-333239-kasus.html. Dilihat pada 4 April 2018. Pukul 19.26
https://id.wikipedia.org/wiki/K-pop. Dilihat pada 10 Juni 2018. Pukul 18.20
Refbacks
- There are currently no refbacks.