Strategi Manajemen Surat Kabar Harian Media Indonesia Dalam Mempertahankan Eksistensi Diera Media Digital
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi telah mengakibatkan persaingan antar media massa. Konvergensi pada media dapat dilihat dari adanya digitalisasi, adanya perubahan seluruh bentuk informasi atau data yang berubah dalam format analog ke digital, munculnya era digital mengharuskan media cetak memiliki strategi tepat dalam mempertahankan esksistensinya dengan upaya yang sesuai dan membuat inovasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen Surat Kabar Harian Media Indonesia guna mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam memaparkan fenomena. Surat Kabar Harian Media Indonesia mengganggap konvergensi media sebagai tantangan dan peluang bagi media cetak terkhusus surat kabar dan dapat berkolaborasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengakses informasi atau berita. Berdasarkan pemaparan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa Surat Kabar Harian Media Indonesia mampu mempertahankan eksistensi media cetak di era digital, dengan menjadikan kemunculuan media baru yaitu online sebagai peluang guna memotivasi surat kabar Media Indonesia dapat beradaptasi dengan pergesaran budaya dalam mengakses informasi.
Kata kunci : komunikasi massa, media massa, startegi manajemen
Full Text:
799-824Refbacks
- There are currently no refbacks.