DILEMA MEDIA: Antara Kontinum Independensi dan Kuasa Bisnis

Bambang Mudjiyanto, Launa Launa, Hayu Lusianawati, Arry Rahayunianto

Abstract


ABSTRAK

Kajian ini bertujuan memahami eksistensi media yang keberadaannya tak hanya amat vital saat ini, namun memberi pengaruh signifikan di hampir semua aspek kehidupan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, kajian ini mencoba menelusuri problematik seputar isu media terkait perkembangan (dan determinisme) teknologi media, pengaruh ideologi globalisasi, dan realitas logika media terkait fungsinya sebagai medium informasi publik. Dalam konteks ini, memahami posisi media sebagai sarana yang independen atau alat kepentingan bisnis (kelompok tertentu) akan memberi efek signifikan untuk melihat secara lebih utuh logika dan ideologi yang bekerja di balik (industri) media dalam merajut citra, mengonstruksi berita, dan membentuk realitas.

Kata kunci: Media, ekonomi-politik, globalisasi, independensi, kepentingan bisnis.

ABSTRACT

This study aims to understand the existence of the media whose existence is not only very vital today, but has a significant influence on almost all aspects of life. Through a qualitative approach with a descriptive analysis method, this study tries to explore the problems surrounding media issues related to the development (and determinism) of media technology, the influence of globalization ideology, and the logical reality of media related to its function as a medium of public information. In this context, understanding the position of the media as an independent tool or tool for business interests (certain groups) will have a significant effect on seeing more fully the logic and ideology that works behind the media (industry) in knitting images, constructing news, and shaping reality.

Keyword: Media, political economy, globalization, independence, business interests.


Full Text:

771-798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.