Soft Skill Komunikasi Resepsionis

Tri Okta Sulfa Kimiawan

Abstract


Abstrak
 
Definisi konseptual komunikasi adalah usaha untuk menyampaikan pesan, informasi, pikiran, gagasan, dan pendapat, yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok. Teori persuasif merupakan teori dalam komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi kepercayaan, sikap dan perilaku seseorang agar bertindak sesuai apa yang diharapkan oleh komunikator. Resepsionis adalah karyawan yang tugas utamanya menerima pengunjung atau tamu dan memberikan informasi yang tepat kepada tamu yang membutuhkan. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan, yaitu : kuisioner wawancara, observasi pengamatan, observasi-partisipan. Waktu penelitian adalah 20 hari kerja pada bulan Desember 2019 di Hotel X yang beralamatkan di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah kualitatif, yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif, yaitu penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta dari suatu populasi yang meliputi kegiatan penilaian sikap atau pendapat terhadap individu, organisasi, keadaan dan prosedur. Penampilan yang baik, rapi dan bersih, hal ini tidak saja berhubungan dengan kepribadian resepsionis yang bersih dan rapi. Namun juga mencakup hal-hal yang ada disekitarnya. Seperti peralatan kerja seperti alat-alat tulis harus tersusun rapi diatur pada tempatnya. Tamu akan merasa terkesan dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh resepsionis yang baik, rapi dan bersih. Kata Kunci: Komunikasi, Persuasif, Resepsionis, Kualitatif
Abstrak
 
Conceptual definition of communication is an attempt to convey messages, information, thoughts, ideas, and opinions, carried out by a person or group. Persuasive theory is a theory in communication that aims to persuade or influence a person's beliefs, attitudes and behavior to act according to what is expected by the communicator. Receptionists are employees whose main job is to receive visitors or guests and provide appropriate information to guests in need. In this study the data collection tools used, namely: interview questionnaire, observation observation, participant observation. The study period is 20 working days in December 2019 at Hotel X which is addressed in Central Jakarta. The method used is qualitative, namely research in which data are expressed in verbal form. The type used in this research is descriptive type, namely research on problems in the form of facts from a population that includes the assessment of attitudes or opinions of individuals, organizations, circumstances and procedures. Good appearance, neat and clean, this is not only related to the personality of the receptionist who is clean and neat. But it also includes things that are around it. Such work equipment such as stationery must be neatly arranged in place. Guests will feel impressed and satisfied with the service provided by a good, neat and clean receptionist.
 
Keywords: Communication, Persuasive, Receptionist, Qualitative  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.